Header Ads

Provinsi Sumatera Selatan memiliki banyak potensi wisata?




Palembang adalah kota tertua di Indonesia yang telah didaulat sebagai salah satu kota Internasional ,Kota ini sangat dipenuhi dengan kebudayaan dan keindahaan yang sangat indah . tentunnya kota ini tak tertinggal tempat pariwisatanya yang cukup memukau mata ini dia wisata nya hahaha

1.JEMBATAN AMPERA

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan di Kota PalembangProvinsi Sumatera SelatanIndonesia. Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu danSeberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.
2. MASJID AGUNG PALEMBANG

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I atau biasa disebut Masjid Agung Palembang adalah sebuah masjid paling besar di Kota PalembangSumatera Selatan.
Masjid ini dipengaruhi oleh 3 arsitektur yakni IndonesiaChina dan Eropa. Bentuk arsitektur Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur China dilihat dari masjid utama yang atapnya sepertikelenteng. Masjid ini dulunya adalah masjid terbesar di Indonesia selama beberapa tahun. Bentuk masjid yang ada sekarang adalah hasil renovasi tahun 2000 dan selesai tahun 2003. Megawati Soekarnoputri adalah orang yang meresmikan masjid raksasa Sumatera Selatan modern ini.
Masjid ini didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikrama. Saat ini, Masjid Agung Palembang telah menjadi Masjid regional di kawasan ASEAN. Terletak di kawasan 19 Ilir, dimana merupakan salah satu Kampung Asli Palembang dan Arab yang telah lama didiami.
3.BUNDARAN PALEMBANG DEKET MASJID AGUNG ATAU TITIK NOL KM

Di Kota Palembang, mungkin anda pernah mendengar penamaan suatu daerah/kawasan dengan menggunakan “KM (Kilometer)”, seperti pasar KM.5 atau Terminal KM.12. Lalu  apa arti KM pada nama kawasan tersebut? KM adalah penamaan kawasan yang merujuk pada jarak kawasan tersebut terhadap titik 0 KM kota Palembang.
Setiap kota memiliki titik 0 kilometer, yang merupakan titik pusat kota tersebut. Yang menjadi titik 0 kilometer pada kota Palembang adalah Bundaran Air Mancur. Jadi penghitungan jarak di hitung dari Bundaran Air Mancur seperti Terminal Bus KM 12, itu berarti jarak Terminal Bus dari Bundaran Air Mancur sekitar 12 KM. Begitu juga dengan Pasar KM 5, Simpang Bandara di KM 9, hingga Terminal Timbangan di KM 32 di Kabupaten Oan Ilir, dst.
4. MUSIUM SULTAN MAHMUD BADARUDIN


           Museum ini terletak di tepi sungai Musi di dekat Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera. Museum ini terdiri dari dua lantai berarsitektur kolonial dengan atap rumah limas khas Palembang. Dahulu, wilayah Museum Sultan Mahmud Badaruddin II merupakan lahan bekas keraton yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada tahun 1737.
5. GUNUNG DEMPO

Gunung Dempo (3159 mdpl) terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta yang terkenal enak, yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan.
Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.
Untuk mencapai lokasi, dari terminal Pagar Alam terlebih dulu mencarter mobil/taksi jurusan Pabrik Teh PTPN VII Persero yang jaraknya mencapai 8 km dari terminal. Mobil carteran akan tiba ke desa terdekat dari puncak gunung Dempo bernama Kampung 4 yang dapat memakan waktu lebih dari 20 menit karena jalannya cukup terjal dan berkelok melewati hamparan kebun teh hijau. Dari sana, proses pendakian dapat dimulai.
6. DANAU RANAU

Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat ProvinsiLampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Terletak pada posisi koordinat 4°51′45″LS,103°55′50″BT
Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk.





Itu baru salah satu nya teman-teman semua masih banyak yang lainnya pokoknya gak rugi dehhh datang ke Kota kami yang sangat indah ini ..
terimakasih
jangan lupa ikuti posting selanjutnya

BERSAMBUNG ???




No comments